Bansos PKH disalurkan Bank Mandiri kepada 206 KPM di Baktiraja


Doloksanggul (2017)

Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) disalurkan PT. Bank Mandiri, Tbk kepada 206 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Baktiraja (7/8) dipusatkan di Kantor Camat Baktiraja.

Untuk tahap I dab II ini PT. Bank Mandiri langsung turun ke kecamatan sekaligus memberikan Kartu Program Keluarga Harapan dan selanjutnya untuk tahap III dan IV KPM boleh mengambil dananya melalui 23 agen Mandiri yang tersebar di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya menyampaikan agar penerima manfaat mengunakan dana bantuan sosial ini untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.  “Manfaatkanlah sebaik mungkin, gunakan untuk meningkatkan gizi anggota keluarga terutama anak-anak dan gunakan untuk pendidikan sekolah, jangan gunakan untuk beli pulsa”, himbaunya.

Dosmar juga menghimbau bahwa penyaluran dana ini tidak dikutip sepeser pun, oleh karena itu kepada keluarga penerima manfaat untuk tidak tergoda atau terpengaruh kepada siapapun yang mengatakan ada biaya penyaluran ini.

Harapan pemerintah, bantuan ini menjadi motivasi dan stimulus kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan dikemudian hari bantuan ini bisa berpindahtangan kepada masyarakat lain, karena yang menerima sekarang sudah berhasil. “gunakan dana ini sebaik mungkin sehingga kedepan, anak-anak kita lebih maju dan tidak menrima bansos ini lagi tetapi memberi bantuan kepada orang lain”, himbanunya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Bank Mandiri, Jimri F. Sitompul dalam sambutannya menyampaikan, program ini merupakan program pemerintah pusat, tetapi dalam penyalurannya melalui Bank milik negara, yaitu PT. Bank Mandiri, Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Ditambahkannya, pada tahap I dan II, Mandiri akan menyalurkan dana kepada 206 di Kecamatan Baktiraja dengan jumlah Rp. 1.000.000,- yaitu tahap I, Rp.500.000,-  dan tahap II Rp. 500.000,-. Keluarga Harapan Penerima Manfaat bisa mengambil dananya di 23 Agen yang disediakan PT. Bank Mandiri di 10 kecamatan.

Disalurkannya dana bantuan sosial ini melalui bank, hal ini ditujukan untuk edukasi masyarakat akan fungsi dan manfaat bank.

Bupati Humbang Hasunduan memberikan Bantuan Sosial PKH secara simbolis kepada 5 PKH Penerima Manfaat didampingi Kadis Sosial, Paiman B. Purba, S.sos, Camat Baktiraja, Astrid Simanullang dan Kepala Cabang PT. Bank Mandiri, Jimri Sitompul.

Pada acara itu, PKH KPM membacakan ikrar bersama yang berisi pertama akan memanfaatkan dana PKH sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, kedua menjaga Kartu Keluarga Sejahtera sebaik-baiknya dan ketiga merubah perilaku/ karakter demi meningkatkan kesejahteraan keluarga. (rel/ ST/Kominfo).

Ket.

Gbr-1. Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan sambutan pada acara Penyerahan Bansos PKH

Gbr-2. Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE menyerahkan secara simbolis Bansos kepada 5 KPM PKH

Gbr-3.  Kepala Cabang PT. Bank Mandiri, Jimri F. Sitompul memonitor penyerahan Bansos (7/8) di Aula Kecamatan Baktiraja kepada 206 KPM pada tahap I dan II.