Bupati Humbahas Kukuhkan 36 Paskibraka 2017


 

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE mengukuhkan 36 anggota Paskibraka yang dipersiapkan untuk penaikan dan penurunan bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 72 tanggal 17 Agustus 2017. Pengukuhan ini dilakukan di Pendopo, Perkantoran Bukit Inspirasi (15/8) yang disaksikan forkopimda, para SKPD dan orang tua anggota paskibraka.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Humbang Hasundutan adalah putra putri terbaik yang terpilih melalui seleksi yang ketat serta telah mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 12 hari.

Oleh karena itu, anggota paskibraka harus mempertanggungjawabkan kehormatan dan kepercayaan itu. Tidak semua mendapat kesempatan untuk mengemban tugas yang mulia ini dan kesempatan ini menjadi catatan sejarah penting dalam hidupmu, tonggak penopang meraih cita-cita dalam melangkah ke depan.

Ditambahkannya, pengibaran bendera pusaka merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia, dan sebagai momentum sejarah yang harus diperingati oleh seluruh Bangsa Indonesia.

Pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh putra putri yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ini akan menumbuhkan dan memantabkan nilai-nilai kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air serta rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Putra putri yang kita harapkan untuk tampil melanjutkan kepemimpinan kelak adalah mereka-mereka yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, cerdas dan berpengetahuan, sehat jasmani dan rohaninya, yang memiliki semangat dan disiplin diri untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik, rukun satu sama lain, memiliki rasa kasih sayang dengan sesame saudaranya tanpa membedakan identitas dan asal-usul, apakah dari segi agama, suku dan etnis.

Dosmar juga menyampaikan agar anggota Paskibraka mempersiapkan diri sebaik-baiknya. “saya berharap, ikrar yang telah kalian ucapkan tadi benar-benar dihayati, dipedomani dan dijalankan dalam pengabdian di Kabupaten Humbang Hasundutan yang kita cintai ini” himbaunya.

Mengakhiri sambutannya, Dosmar menggarisbawahi persatuan, kebersamaan, kerukunan dan kekompakan  diantara sesama sebagaimana dilakukan para pendiri bangsa kita telah meletakkan pilar-pilar kehidupan bernegara yang menjadi penopang dan sumber kekuatan pembangunan dan kemajuan bangsa yaitu ideology dan dasar negara kita Pancasila, UUD 1945, Bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika.

Pada acara pengukuhan, perwakilan Paskibraka, Paulis King Mulia Lumbangaol mencium bendera merah putih sebagai tanda bukti mengabdi kepada Ibu Indonesia selaku pandu-pandunya, yaitu putra dan putri Indonesia terbaik. Darah dan air mata membasahi bumi pertiwi, jiwa dan jasad menghiasi tanah air Indonesia demi bendera sang merah putih.

Hadir menyaksikan pengukuhan ini dari Forkopimda, Ketua DPRD Humbahas, Manaek Hutasoit, Amd, Kajari Humbang Hasundutan, Zaidar Rasepta, SH, MM, Kapolres Humbang Hasundutan yang diwakili Kabag Sumda, Kompol Robinson S, Dandim 0210/TU diwakili Pabung, Mayor Junaedi T. Pengukuhan ini juga disaksikan sejumlah SKPD dan orang tua anggota Paskibraka.

Anggota Paskibraka Kabupaten Humbang Hasundutan dipersiapkan dan dilatih dari TNI, Polri dan Pur Paskibraka yaitu Pelda Andi Lumbantoruan, Peltu E. Sijabat, Serka Sangkot Siagian, Bribka Ricardo H. Sibarani, (Pur) Maudin Pane dan (Pur) Paskibra Tri Boy Sinambela.

Danramil 05 Doloksanggul, Kapten Parlin Sirait sebelum memulai acara melaporkan kepada Bupati Humbahas, bahwa anggota Paskibraka sudah siap untuk dikukuhkan. (rel/ ST/ Kominfo)/@rsud