Pj Gubsu: Pesona Humbahas Bukti Peduli Pelestarian Budaya


Doloksanggul (Protokol)

            Pesona budaya Humbahas (Humbang Hasundutan) yang digelar di kawasan danau toba Bakkara Kecamatan Baktiraja merupakan bukti Pemkab Humbahas sangat peduli dengan pelestarian dan pengembangan kebudayaan yang ditanamkan kepada generasi muda. Agar dapat lebih mencintai budaya daerah khususnya budaya Sumatera Utara. Sehingga diharapkan event seperti ini terus dilaksanakan yang nantinya dapat disuguhkan kepada wsatawan sebagai salah satu daya tarik wisata budaya yang ada di Sumatera Utara.

 

            Demikian sambutan Pj Gubsu Eko Subowo MBA yang disampaikan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut DR Ir Hj Hidayati MSi saat pembukaan pesona Humbahas, Selasa (10/7) di Bakara Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbahas. Dikatakan lagi, melalui pesona ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap daerah yang ada di Sumut khususnya di Humbang Hasundutan. Bahkan dapat membangun semangat bagi para seniman dan generasi muda untuk berkarya lebih baik lagi untuk meningkatkan dan mengembangkan kebudayaan daerah sehingga tidak punah akibat pengaruh budaya asing.  

            Dalam mendukung pariwisata ini, direncanakan akan dibangun galeri atau museum di kawasan danau toba yang dipusatkan di Humbang Hasundutan. Rencana ini bisa terealisasi, diharapkan dukungan masyarakat dan pemerintah setempat. Di Humbang Hasundutan banyak sekali potensi wisata yang dapat digali, salah satunya ada kebudayaan tentang ‘Losung” termasuk pustaha laklak.

            Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengawali sambutannya terlebih dahulu menyampaikan bela sungkawa atas musibah kecelakaan kapal yang terjadi di kawasan Danau Toba beberapa waktu lalu. Semoga para korban diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

            Dalam pembukaan pesona Humbahas, Bupati Humbahas menjelaskan bahwa di Humbang Hasundutan memiliki berbagai potensi pariwisata antara lain wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, agrowisata dan ekowisata. Potensi-potensi ini sangat layak untuk dikembangkan dan dipromosikan. Pesona Humbahas ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan dan promosi pariwisata dalam rangka menyambut HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan.  Selain menikmati indahnya panorama alam, di Baktiraja ada istana Sisingamangaraja, Aek Sipangolu, Tombak Sulu-Sulu, Hariara Tungkot dan lainnya. Jadi budaya di Humbang Hasundutan luar biasa, tinggal bagaimana cara mengembangkan dan mempromosikannya. Kekayaan alam ini harus dijaga dengan baik. Mendukung pariwisata ini, akan dibangun akses jalan lingkar di kawasan danau toba Baktiraja. Sebagian sudah terbangun. Selain akses jalan dan wisata alam yang sudah ada, kebersihaan suatu keharusan yang serius dijaga. Sehingga wisata alam ini bisa dijual ketingkat internasional.

 

            Dikatakan bupati lagi, pengembangan dan promosi potensi pariwisata ini untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Humbang Hasundutan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga sangat diharapkan peran serta seluruh elemen masyaraat untuk pengembangan dan promosi wisata tersebut. Begitu juga wisata alam Sipinsur yang berada di Desa Pearung Kecamatan Paranginan, sangat diharapkan dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan Sipinsur sebagai dataran tinggi terpopuler pada anugerah pesona Indonesia tahun 2018 ini.

            Kadis Pariwisata Humbahas Hotmaida Dina Uli Butarbutar MT mengatakan pesona Humbahas ini diselenggarakan untuk mempromosikan potensi-potensi pariwisata, menarik minat wisatawan, mendorong dan meningkatkan semangat masyarakat untuk lebih peduli dan cinta pada bidang pariwisata. Kemudian mencari bibit-bibit potensial dibidang seni budaya dan olahraga.

            Beragam kegiatan yang dilaksanakan dalam acara pesona Humbahas antara lain Humbahas got talent, lomba cipta lagu Humbang Hasundutan dan bakara cross country. Peserta lomba ini bukan hanya datang dari Sumatera Utara tapi ada  dari Jayapura, Jakarta Selatan termasuk dari Cilacap Utara. Selama pesona Humbahas yang berlangsung 4 hari ini, para pengunjung dihibur para artis lokal dan artis ibukota antara lain Erick Sihotang. Selain mempromosikan wisata, dalam pesona Humbahas itu juga ditampilkan produk-produk UKM (usaha kecil menengah) dari setiap kecamatan.  

            Sebagai tanda kehormatan dalam pembukaan pesona Humbahas itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjaarrnahor SE bersama Sekdakab Drs Tonny Sihombing dan Wakil TP PKK Humbahas Tiur Mariaty Sinaga memberikan cendramata kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut DR Hidayati dan  kepada Ir Tagor Manik dari PT TPL. (REL/Rukmunal H Siregar/Protokol)

 

  1. CENDRAMATA: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE didampingi Sekda Drs Tonny Sihombing foto bersama usai memberikan cendramata kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut DR Hidayati dan Ir Tagor Manik di Baktiraja Humbahas, Selasa (10/7) 

  2. Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Sekda Drs Tonny Sihombing, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut DR Hidayati dan lainnya saat meninjau pameran UKM setiap kecamatan dalam acara pesona Humbahas, Selasa (10/7).